Bismillahirrahmanirrahim
1 Februari 2017

Alhamdulillah. Setelah sekian lama nabung dari hasil uang gajian kerja, di bulan Desember 2015 yang lalu, gue, kaka dan kakak ipar daftar umroh. Sistem pebayarannya itu bayar DP dulu Rp. 10jt dan bayar sisanya (Rp.8.5jt) tiga bulan sebelum keberangkatan.

Kita bertiga langsung daftar, dan insya Allah berangkat bulan desember 2016. Artinya jangka waktu selama 1 tahun. Selanjutnya gue bahasain dengan “gue” yang mewakili gue, kaka dan kaka ipar.
Gue milih travel ini karena selain termasuk murah, sebelumnya ada juga sodara dan orang tua kaka ipar gue pernah berangkat pake jasa ini. Jadi gue daftar ke pihak sekolah islam X , yang udah bekerja sama dengan travel Y. Kebetulan ibu dari kaka ipar gue adalah pengajar di sekolah X, jadinya makin tambah yakin aja kan.

Di bulan Juni, gue bikin passport. FYI kalo passport untuk umroh/haji harus ada minimal 3 suku kata. Misalnya Budi Yuliyanto Kusumo, atau kalo namanya cuman 1 kata, ditambahin pake bin/binti. Misalnya Budi Bin Dudung.

Di bulan November, setelah pelunasan biaya umrohnya, gue dikasih seperangkat kebutuhan umroh. Isinya ada Koper, tas kecil, Kain ihrom, Sabuk tanpa jahitan, sajadah, sama kain batik seragam travel. Di bulan ini juga diadain manasik umroh, yang waktu itu dilaksanain di masjid Blok M Square. Mungkin karena ada fasilitas manasiknya juga kali yah. Ada beberapa dokumentasinya nih pas manasik waktu itu.




Pas waktu manasik dijelasin gimana caranya umroh, muai dari Niat – Miqat – Thawaf – Sya’i – Tahallul. Dan disuruh lengkapin administrasinya. Macem foto 4x6, kartu kuning/suntik meningitis. Fotokopi KK, akta lahir.

Suntik Meningitis

Waktu itu gue belum ada kartu kuning meningitis, akhirnya gue cari lah dimana tempat yang bisa. Di jabodetabek ada 4 tempat. 1. KKP bandara Soetta 2. RS Fatmawati, 3. KKP Lanud Halim PKH, 4. KKP Tj. Priok. Yang paling deket ama rumah gue di fatmawati sama soetta. Gue pun tanya-tanya sama sodara yang dulu pernah kerja di fatmawti. Katanya mesti pagi-pagi cuy ke sana. Karena dibatasin per hari nya 150 antrian.

Waktu itu hr jumat, gue izin kerja remote aja. Gue berangkat jam setengah 6 pagi, sampe fatmawati jam setengah 7. Sampe sana nomor antrian udah ludes T____T

Katanya antrian udah abis dari jam setengah 5 pagi. Atrian udah dibuka jam 2 pagi. Mateee lah... gimana caranya coba antri dari malem malem gitu. Jadinya gue balik lagi dah. Black list dah di RS fatmawati. Hahaha.. kalo gamau nginep, jangan di situ ya suntiknya.

Seminggu kemudian gue datengin ke KKP Soetta. Antrian disini kuotanya per hari 350 antrian. Belajar penalaman dr yang sebelumnya, karena takut keabisan lagi akhirnya gue berangkat dar rumah jam 5 subuh, pas waktu itu gue sendirian ke sana. 


Buku kuning vaksin meningitis




Artikel Terkait: